Dream Theater Umumkan Kembalinya sang Drummer, Mike Portnoy

by | Oct 26, 2023

Dream Theater | Hiburan | Mike Portnoy | Musik

FOMOMEDIA – Setelah meninggalkan Dream Theater, Mike Portnoy jadi salah satu drummer metal paling sibuk. Kini, ia telah kembali ke rumah.

Grup musik legendaris Dream Theater baru saja mengumumkan kembalinya sang drummer Mike Portnoy. Salah satu pendiri grup tersebut kembali bergabung usai absen 13 tahun.

Bersama John Petrucci dan John Myung, Portnoy mendirikan Dream Theater pada 1985. Ketiga pentolan itu awalnya membuat grup bernama Majesty sewaktu belajar di Berklee College of Music di Boston, Massachusetts.

Namun, Portnoy memutuskan untuk keluar pada September 2010. Beberapa rumor menyebut bahwa keluarnya sang drummer tersebut lantaran adanya masalah internal di Dream Theater.

Meski keluar dari Dream Theater, Portnoy tidak menganggur atau meninggalkan dunia musik begitu saja. Pada tahun-tahun selepas keluar, diketahui ia bekerja dengan Avenged Sevenfold. Di grup tersebut, Portnoy menggantikan mendiang Jimmy Sullivan (The Rev) sebagai drummer.

Menurut laporan Consequence, Portnoy jadi salah satu drummer tersibuk di dunia metal. Selain gabung dengan Avenged Sevenfold, Portnoy diketahui juga sempat membentuk supergrup The Winery Dogs, Sons of Apollo, dan Adrenaline Mob. Itu belum termasuk proyek-proyek lain macam Metal Allegiance.

Sementara itu, kariernya di Avenged Sevenfold tidak bertahan lama. Bersama Mike Shadows cs., Portnoy hanya menelurkan satu album. Selebihnya, pria kelahiran 1967 itu lompat dari proyek ke proyek hingga akhirnya, pada 2023 ini, ia memutuskan kembali ke Dream Theater.

Disambut Dream Theater

Pintu Dream Theater tampaknya selalu terbuka bagi Portnoy. Ketika memutuskan untuk kembali gabung, ia disambut hangat oleh kawan-kawannya. Ibarat rumah, grup progressive metal asal Amerika Serikat tersebut tetap menerima Portnoy.

Acara penyambutan Portnoy yang kembali pulang tersebut sekaligus sebagai perpisahan dengan Mike Mangini. Selama Portnoy tidak di rumah, Mangini adalah sosok yang mampu menggantikan. Ia mampu mengisi kekosongan di dalam grup band itu.

“Saya sangat gembira bisa kembali ke rumah dan bertemu kembali dengan saudara-saudara saya,” kata Portnoy, dikutip dari Consequence.

“Ada begitu banyak sejarah bersama di antara kita semua, begitu banyak kenangan, begitu banyak musik, tak disangka kita akan memasuki 40 tahun sejak perjalanan ini dimulai!” lanjutnya.

Sementara itu, vokalis James LaBrie menegaskan bahwa, dengan kembalinya Portnoy, tidak akan ada perubahan lineup lainnya ke depan. Menurutnya, Portnoy memang sudah semestinya kembali ke Dream Theater.

“Maju dan ke atas kawan!! Selamat datang kembali, Mike Portnoy,” tegas LaBrie.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments