Di Skotlandia Ada Sekolah yang Terima Siswa Kembar tiap Tahun

by | Aug 14, 2023

Berita Unik | Internasional | Pendidikan | Skotlandia

FOMOMEDIA – Belasan pasang siswa kembar di Skotlandia selalu masuk ke sekolah yang sama tiap tahunnya. Fenomena tersebut telah menjadi tradisi tersendiri.

Fenomena unik selalu terjadi tiap tahun di Skotlandia. Negara konstituen Britania Raya itu sering menerima siswa kembar tiap menyambut ajaran baru di sekolah.

Salah satu wilayah di Skotlandia yang sering menerima siswa kembar yakni Inverclyde. Saking seringnya itu terjadi, wilayah tersebut bahkan diplesetkan menjadi “Twinverclyde”.

Pada tahun 2023 ini, sekolah di Inverclyde akan menyambut 17 siswa kembar pada Jumat (18/8/2023) besok. Jumlah tersebut menjadi terbanyak kedua setelah tahun 2015 dengan total 19 pasang.

Pada hari Jumat tersebut, para siswa kembar akan berkumpul di Sekolah Dasar (SD) St. Patrick di Greenock untuk gladi resik menjelang hari pertama mereka.

Selain SD St. Patrick, SD lainnya di Inverclyde yang kerap menerima anak kembar adalah SD Ardgowan. Dua sekolah itulah yang tiap tahun selalu menerima anak kembar.

Sebuah Tradisi

Menurut laporan dari BBC News, keberadaan siswa kembar Inverclyde bukan barang baru. Bahkan, terhitung sejak 2013, wilayah tersebut telah terdapat 147 pasang siswa.

Dari total tersebut, tiap tahun di Inverclyde selalu terdapat rata-rata 13 pasang siswa.

Menurut Graeme Brooks, Wakil Dewan Inverclyde, keberadaan para siswa kembar di Inverclyde merupakan sebuah tradisi.

“Sudah menjadi tradisi tahunan di Inverclyde, atau Twinverclyde seperti yang kita kenal, untuk menyambut saudara kembar kita menjadi yang utama,” kata Brooks, dikutip dari Sky News.

“Kegembiraan pasti terbangun untuk awal semester baru pada pekan depan dan cara apa yang lebih baik untuk menantikannya selain melihat murid-murid di sini tampak gemilang dengan seragam mereka,” lanjutnya.

Menurut Brooks, Inverclyde memang menjadi tempat istimewa untuk menyambut anak-anak yang mulai masuk sekolah. Berbagai fasilitas di Inverclyde selalu mengalami pembaruan tiap tahunnya.

Bahkan, pemerintah tak main-main sampai menggelontorkan uang sebesar 250 juta poundsterling atau setara Rp4,8 triliun. Angka tersebut menjadi paling tinggi dalam sejarah pembangunan sekolah di Inverclyde.

“Tetapi sekolah bukanlah apa-apa tanpa anak-anak, staf, dan keluarganya. Sangat menyenangkan melihat beberapa generasi berikutnya datang ke sini,” pungkas Brooks.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments