Dengerin Musik Pakai Bantuan AI di Paket Baru Spotify

by | Oct 10, 2023

AI | Hiburan | Musik | Spotify | Teknologi
Spotify luncurkan paket baru dengan AI

Fomomedia – Berbagai fitur baru telah diluncurkan oleh Spotify. Kini, perusahaan streaming musik itu telah menggunakan bantuan AI dalam layanan “Supremium”.

Perusahaan streaming musik Spotify akan meluncurkan paket “Supremium”. Menurut laporan The Independent, harga berlangganan paket ini dua kali lipat dari yang tersedia saat ini.

Tidak main-main, paket yang akan dirilis tersebut rencananya akan dibanderol seharga 19 dolar AS atau sekitar Rp298 ribu per bulannya.

Sesuai dengan namanya, paket terbaru ini akan menawarkan layanan super yaitu adanya kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) untuk memaksimalkan pengalaman pengguna mendengarkan musik.

Spotify akan menyertakan penambahan AI DJ yang tidak hanya secara otomatis memilih lagu tetapi juga memperkenalkannya dan membuat daftar putar alias playlist. Bahkan, para pengguna bisa menerjemahkan lagu dengan bantuan AI.

Fitur Spotify yang Makin Mutakhir

Selain keberadaan AI yang digadang-gadang bisa memaksimalkan pengalaman pengguna, para pengguna akan dimanjakan dengan tawaran audio lossless–fitur yang sudah ada di Apple Music yang bisa diakses secara gratis.

Selain itu, menurut NME, tawaran tingkatan baru Spotify juga akan mencakup statistik baru tentang apa saja yang telah didengarkan penggunanya. Bahkan, salah satu fitur lainnya yang akan bisa dinikmati yakni keberadaan buku audio baru.

Fitur buku audio itu telah diluncurkan dan membuat para penggunanya melakukan streaming buku hingga 15 jam secara gratis tiap bulannya. Namun, layanan tersebut baru bisa dinikmati di Inggris dan Australia pada Oktober 2023.

Keberadaan buku audio itu hanyalah salah satu fitur yang dikembangkan dan mendapat pembaruan pada tahun ini. Sementara, fitur lain dari alat streaming musik yang didirikan sejak 2006 ini memudahkan para artis untuk tampil di beranda dengan tarif tertentu.

Selain lagu, layanan podcast atau siniar di platform tersebut memungkinkan penggunanya bisa mendengarkan dalam bahasa lain.

Sempat Jadi Kontroversi

Penggunaan AI di Spotify sempat mengundang perdebatan. Apalagi, AI sendiri dianggap menjadi salah satu ancaman dalam industri musik. Kecerdasannya dianggap mampu menirukan suara para penyanyi, bahkan hasilnya sering kali hampir mirip.

Walau begitu, ternyata Spotify tidak serta-merta melarang penggunaan musik AI di platformnya. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Daniel Ek, Bos Spotify.

Menurut Ek, penggunaan AI di dalam musik sah-sah saja jika valid dalam membuat musik. Teknologi AI, kata Ek, tidak boleh meniru artis asli tanpa persetujuan dahulu. 

Apalagi kini layanan tingkatan baru Spotify telah secara gamblang menggunakan bantuan AI. Lantas, menurut kamu, akankah platform itu semakin menarik diminati?

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments