Demokrat Gelar Rapimnas, Resmi Usung Prabowo?

by | Sep 21, 2023

Partai Demokrat | Pemilu | Pemilu 2024 | Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIADemokrat akan segera mendeklarasikan capres yang didukung untuk Pilpres 2024. Saat ini, sosok Prabowo yang jadi pilihan utama.

Partai Demokrat hari ini (21/9/2023) akan menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut Ketua Umum (Ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mendeklarasikan calon presiden (capres) yang didukung partainya.

“Pertama, Ketum AHY akan menyampaikan keputusan strategis Majelis Tinggi Partai (MTP) terkait dukungan bakal calon presiden dan koalisi kepada struktural partai dan kader yang hadir, serta kepada publik,” kata Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, dikutip dari DetikNews.

“Kedua, dalam acara ini Ketum AHY juga akan memimpin langsung deklarasi bakal calon presiden yang didukung oleh Partai Demokrat secara resmi,” lanjutnya.

Menurut Herman, Rapimnas tersebut juga akan dihadiri oleh ribuan petinggi DPD dan DPC Demokrat. Acara yang digelar secara terbuka itu akan mendeklarasikan dukungan penuh Demokrat supaya memenangkan capres yang dipilih.

Prabowo dan Partai Pengusung Diundang

Sejak Demokrat menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, isu paling santer terdengar yakni partai tersebut merapat ke kubu Prabowo Subianto. Beberapa partai telah menyatakan dukungan dan mengusung Prabowo sebagai capres dalam Pilpres 2024 mendatang.

Dalam Rapimnas Demokrat hari ini, salah satu tokoh yang diundang adalah Prabowo. Bahkan, Prabowo dijadwalkan akan memberikan pidato politik.

Menurut Herman, Demokrat juga mengundang seluruh partai politik (parpol) yang hadir di Hambalang beberapa waktu lalu. Untuk saat ini beberapa partai seperti Gerindra, PKB, PAN, dan Golkar yang sudah menyatakan dukungan ke Prabowo. 

Tak hanya itu, PSI yang sudah merapat ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu pun juga diundang.

“Oh iya, ya, partai koalisi yang saat ini bergabung mendukung Pak Prabowo. (Termasuk PSI) termasuk,” ujar Herman.

KIM Makin Gemuk

Dengan merapatnya Demokrat ke KIM, dukungan kepada Prabowo semakin besar. Koalisi tersebut jadi yang paling banyak memiliki kursi di parlemen.

Sebelum Demokrat mendukung Prabowo, KIM sudah memiliki total 207 kursi di parlemen. Total tersebut dibagi atas Gerindra 78 kursi, Golkar 85 kursi, dan PAN 44 kursi.

Demokrat saat ini memiliki total 54 kursi di parlemen. Maka, dengan memutuskan dukungan kepada Prabowo, maka KIM akan memiliki total 261 kursi di parlemen

Lantas, melihat adanya arah gerak politik Demokrat yang semakin dekat ke Prabowo bersama KIM, akankah koalisi tersebut mampu memenangi pemilu? Kita nantikan saja.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] malam, 21 September 2023, Partai Demokrat menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Acara itu menandai kemantaban […]