Dear ARMY, Jangan Datang ke Kamp Wamil Personel BTS, ya…

by | Dec 7, 2023

BTS | BTS ARMY | Hiburan | Korea Selatan | Musik

FOMOMEDIA Tidak lama lagi empat anggota BTS akan menjalani wamil. Para penggemar pun diharap tidak ikut mengantar ke kamp.

Empat pentolan BTS akan menjalani wajib militer (wamil) untuk negaranya pada akhir tahun ini. Keempatnya pun memperingatkan para penggemar supaya tidak muncul di kamp militer ketika memulai tugas bela negara itu.

RM, Jimin, V, dan Jungkook jadi anggota yang menjalani wamil tersebut. Empat personel tersebut telah melakukan pendaftaran terkait kewajiban tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut laporan BBC, keempat pentolan BTS tersebut akan melakoni wamil minggu depan. Namun, untuk tanggal pasti belum ada kabar resmi.

Keempat personel tersebut diketahui telah mengunggah video peringatan kepada para penggemar. Personel BTS yang akan mengikuti wamil tersebut pun mengatakan tidak akan ada acara perpisahan secara resmi.

Dianggap Mengganggu

Dalam peringatan tersebut, para anggota BTS berharap supaya ARMY, sebutan kumpulan penggemar BTS, tidak datang ke kamp militer. Apalagi, saat ini beredar kabar bahwa para ARMY tersebut akan mendatangi tempat wamil pada BTS ketika mulai tugas.

Para ARMY tersebut ingin mengucapkan selamat bertugas kepada BTS. Namun, hal itu justru dianggap “mengganggu” lantaran ada pengunjung lain yang notabene adalah orang tua dan keluarga peserta wamil.

“Saya akan sangat menghargai jika Anda tidak datang menemui kami pada hari itu,” kata RM, dikutip dari BBC.

“Tentara lain dan orang tua mereka akan berada di sana. Jangan sampai mengganggu mereka,” lanjutnya.

Selain itu, peringatan juga datang dari Big Hit Music. Label grup tersebut pun meminta para ARMY untuk memberikan ucapan selamat kepada para personel BTS dari jarak jauh saja.

Adapun BTS sendiri melakukan rehat untuk menjalani wamil yang terkesan mendadak. Bahkan, banyak ARMY yang tak menduga bahwa beberapa pentolan seperti Suga, Kim Seok-jin, dan J-Hope berangkat wamil dahulu.

Adanya pengumuman BTS secara tiba-tiba tersebut telah membuat jutaan penggemar terkejut. Apalagi, grup band itu belum lama merilis album.

Kini, menurut rencana, BTS akan tampil lagi secara formasi penuh pada 2025 mendatang. Namun, pada tahun tersebut dikabarkan akan ada reformasi di tubuh BTS. 

BTS Boleh Tidak Wamil?

Wamil memang menjadi salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh para laki-laki di Korea Selatan. Paling tidak, hal tersebut dilakukan bagi mereka yang memiliki badan sehat.

Sementara, syarat lain untuk mengikuti wamil yakni ketika laki-laki tersebut sudah berusia 28 tahun. Termasuk para bintang K-pop, mereka pun akan diminta negara untuk mengikuti wamil.

Namun, kini muncul rumor bahwa khusus untuk BTS, grup tersebut akan diizinkan pemerintah boleh tidak mengikuti wamil. Hal itu didasarkan pada popularitas BTS sendiri yang kini disejajarkan dengan The Beatles.

BTS dianggap berperan penting dalam menyebarkan budaya pop Korea Selatan hingga ke penjuru dunia. Gara-gara itulah rumor boleh tidak mengikuti wamil muncul.

Sayangnya, hal itu masih sebatas rumor. Para personel BTS pun tidak lama lagi akan menempati barak.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments