Chandrayaan-3 India: Berhasil Keliling Bulan dan Kirim Dokumentasi

by | Aug 30, 2023

Antariksa | India | Internasional | Luar Angkasa | Teknologi

FOMOMEDIA – Sejak mendarat di bulan, Chandrayaan-3 langsung memulai misi. Kini, beberapa dokumentasi hasil pengamatan telah dikirim dan disebarkan ke publik.

Pesawat luar angkasa India yang diberi nama Chandrayaan-3 kini telah seminggu berada di bulan. Sejak pertama kali mendarat, pesawat tersebut langsung menjalankan misi mempelajari lebih lanjut tentang sejarah bulan.

Terbaru, pesawat tersebut telah mengirimkan gambar dan video. Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (Indian Space Research Organisation/ISRO) telah memposting hasil jepretan gambar dan video dari Chandrayaan-3 ke akun Twitter-nya.

Dalam postingannya itu, terlihat rekaman keluarnya kendaraan rover dari Chandrayaan-3. Video tersebut juga memperlihatkan kendaraan rover mampu stabil ketika berjalan di permukaan bulan.

“Video pertama penjelajah tersebut, yang diposting pada hari Jumat [25/8/2023], menunjukkan ia meninggalkan pendarat Chandrayaan-3 di jalan dan menuju ke bulan. ISRO memposting video tersebut di Threads yang juga menyertakan cuplikan dari pendaratan yang mendekati lokasi pendaratannya dan mengeluarkan debu saat mendarat di permukaan,” tulis laporan The Verge.

Tak berhenti di situ saja, ISRO pada Sabtu (26/8) mengunggah lagi video aktivitas kendaraan rover yang diberi nama Pragyan itu.

“Misi Chandrayaan-3: Apa yang baru di sini? Penjelajah Pragyan berkeliaran di sekitar Shiv Shakti Point untuk mengejar rahasia bulan di Kutub Selatan!” tulis ISRO.

Menemukan Kawah

Sebuah gambar yang dikirimkan Chandrayaan-3 pada Minggu (27/8) memperlihatkan adanya kawah berdiameter 4 meter. Keberadaan kawah tersebut berjarak 3 meter dari lokasi Pragyan.

Melihat adanya kawah itu, rover tersebut akhirnya kembali mencari jalur yang aman untuk dilewati. Sampai kini, Pragyan masih melakukan penjelajahan untuk mengeksplorasi bulan.

Adanya penjelajahan menggunakan kendaraan kendali jarak jauh itu, India semakin menunjukkan kemampuan teknologinya. Bahkan, peralatan di bagian kendaraan rover telah dilengkapi dengan alat untuk melakukan pengukuran di lingkungan bulan.

Di hari yang sama saat Pragyan menemukan kawah, ISRO merilis hasil pengamatan suhu lapisan atas tanah di sekitar kutub selatan bulan.

“Eksperimen Termofisika Permukaan Chandra mengukur profil suhu lapisan atas tanah bulan di sekitar kutub, untuk memahami perilaku termal permukaan bulan. Ia memiliki pemeriksaan suhu yang dilengkapi dengan mekanisme penetrasi terkontrol yang mampu mencapai kedalaman 10 sentimeter di bawah permukaan. Probe ini dilengkapi dengan 10 sensor suhu individual,” tulis ISRO.

Dalam unggahan ISRO, ditampilkan data dalam bentuk grafik yang menggambarkan variasi suhu di permukaan bulan. Saat ini, pengamatan secara terperinci sedang dilakukan lebih lanjut oleh Chandrayaan-3.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments