Cak Imin Pilih Merah saat Jumpa Ganjar, Gak Bahaya Ta?

by | Jul 24, 2023

Ganjar Pranowo | Muhaimin Iskandar | PDIP | Pemilu | Pemilu 2024 | Pilpres 2024 | PKB | Politik

FOMOMEDIA – Ketika bertemu Ganjar Pranowo di Solo, Cak Imin pilih minuman berwarna merah. Apakah arti dari semua ini?

Pemandangan unik terlihat dalam pertemuan Ganjar Pranowo dengan Muhaimin Iskandar di Hotel Alila, Surakarta, Minggu (23/7/2023). Di situ terlihat Muhaimin alias Cak Imin memesan minuman berwarna merah.

Mengapa minuman yang dipesan Cak Imin itu menarik? Well, mari kita bahas origin story-nya terlebih dahulu.

Cak Imin adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebagai partai yang (awalnya) memiliki basis massa warga Nahdlatul Ulama (NU), PKB identik dengan warna hijau. Di dalam logo PKB pun terdapat unsur logo NU. Ada gambar globe beserta sembilan bintang (jagad lintang sanga) yang mengelilinginya.

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, PKB sudah menjalin koalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Koalisi ini dinamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Bisa dikatakan, koalisi ini adalah yang paling tua di antara koalisi-koalisi lain yang ada saat ini karena PKB dan Gerindra sudah beraliansi sejak pertengahan tahun lalu. Sudah sebelas bulan tepatnya.

Meski nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, santer diberitakan bakal menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, nyatanya sampai saat ini belum ada pengumuman apa pun soal itu. Sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sudah mengumumkan Ganjar sebagai capres, sementara itu Partai NasDem sudah mengusung Anies Baswedan.

PKB-Gerindra Belum Bergerak

Entah apa yang membuat Gerindra dan PKB belum juga secara resmi mengumumkan nama Prabowo sebagai capres. Namun, santer pula diberitakan bahwa Cak Imin sendiri ingin menjadi capres dari koalisi tersebut. Artinya, ada benturan ego antara dua parpol dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Apa yang terjadi di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya berbeda dengan dua koalisi lain. Koalisi PDI-P yang juga beranggotakan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo sudah satu suara mengusung Ganjar sebagai capres. Pun demikian dengan Koalisi Perubahan yang berisikan Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat. PR kedua koalisi tersebut sekarang tinggal menentukan calon wakil presiden (cawapres).

Nah, lambannya langkah Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dalam menentukan sikap itu pun tak pelak menimbulkan spekulasi-spekulasi baru. Tidak adakah jalan tengah di antara mereka? Akankah Cak Imin mengalah kepada Prabowo yang elektabilitasnya sebagai capres begitu tinggi? Mungkinkah koalisi ini pada akhirnya bubar jalan?

Diajak Gabung Koalisi

Entahlah. Yang jelas, Ganjar selaku capres PDI-P, menurut keterangan Cak Imin, sudah berusaha menggoda PKB untuk bergabung dengan koalisinya. “Ayo gabung. Gabung koalisi,” ujar Cak Imin menirukan ucapan Ganjar, dikutip dari Kompas.com.

Cak Imin sendiri berada di Solo untuk menghadiri acara syukuran hari lahir (harlah) ke-25 PKB di Stadion Manahan, Minggu sore. Pertemuan dengan Ganjar terjadi pada Minggu pagi sebelum acara. Dan dalam pertemuan itu, tampak Cak Imin pilih minuman berwarna merah kendati dia sendiri mengenakan pakaian berwarna hijau khas PKB.

Ganjar sendiri tak luput membahas minuman pilihan Cak Imin tersebut. “Biar energinya makin bertambah, Gus @cakimiNOW ternyata milih minuman berwarna merah. Sehat selalu ya, gus. Semoga di Harlah ke 25 ini PKB semakin membawa berkah,” tulis Ganjar di akun Twitter-nya, disertai dua foto dirinya bersama Cak Imin.

Lantas, apakah yang dilakukan Cak Imin tersebut merupakan kode atau pertanda tertentu? Akankah PKB nantiya memilih untuk merapat ke koalisi milik PDI-P? Atau apakah minuman warna merah itu adalah simbol kesetiaan mereka kepada Gerindra yang juga kental unsur merahnya?

Hanya waktu yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments