Buku Pelajaran Sejarah Rusia Puji Invasi ke Ukraina

by | Aug 9, 2023

Buku | Internasional | Politik | Rusia | Ukraina

FOMOMEDIA – Melalui buku pelajaran sejarah di sekolah, Rusia ingin menanamkan jiwa patriotisme ke anak-anak. Caranya dengan memuji invasi ke Ukraina.

Terhitung sudah 1,5 tahun invasi Rusia ke Ukraina berlangsung. Kini, peristiwa itu pun telah resmi masuk sejarah Rusia, terbukti dengan dimasukkannya invasi tersebut ke kurikulum pelajaran sejarah.

Dalam buku cetak sejarah Rusia keluaran terbaru, invasi ke Ukraina dinilai sebagai wujud patriotisme. Menurut laporan The Guardian, buku itu akan mulai diedarkan pada tahun ajaran baru, September 2023 mendatang.

Hadirnya buku tersebut bukan tanpa tujuan. Salah satunya sebagai bentuk kontrol Kremlin terhadap narasi sejarah yang ada di sekolah-sekolah di Rusia.

Dengan menerbitkan buku pelajaran tersebut, Vladimir Putin ingin memperkuat pengaruhnya. Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut sebagai “operasi militer khusus”, disajikan untuk para pemuda sebagai bagian dari misi sejarah.

Hanya dalam waktu lima bulan, buku pelajaran yang memuat latar belakang invasi ke Ukraina berhasil dicetak. Target pembaca buku pelajaran itu ditujukan untuk siswa yang berusia 11 sampai 17 tahun.

“Tidak ada buku teks yang pernah dibuat di negara kita dalam waktu sesingkat itu. Para penulis menulisnya dengan tangan mereka sendiri,” kata pembantu presiden, Vladimir Medinsky, dikutip dari The Guardian.

Propaganda Negara

Buku yang akan diedarkan ke para pelajar di Rusia itu tidak lain merupakan propaganda negara. Namun, menurut Medinsky, buku pelajaran sejarah tersebut menyajikan peristiwa dari “sudut pandang negara”. Medinsky sendiri adalah sosok kontroversial lantaran pandangannya yang konservatif.

Sementara itu, menurut Menteri Pendidikan Rusia, Sergey Kravtsov, materi yang ada di dalam buku pelajaran itu menyampaikan adanya tujuan serangan militer ke Ukraina. Beberapa tujuan tersebut seperti adanya upaya “demiliterisasi dan denazifikasi.”.

Dikarenakan invasi belum berakhir, maka buku tersebut ditulis seadanya saja. Mereka pun akan memperbarui ketika kemenangan Rusia bisa dicapai.

“Setelah berakhirnya operasi militer khusus [di Ukraina], setelah kemenangan kami, kami akan melengkapi buku ini lebih lanjut,” kata Kravtov.

Ditulis dari Periode 1945

Buku pelajaran sejarah tersebut mulai diedarkan mulai 1 September 2023 mendatang. Di dalam isinya, buku pelajaran itu mencakup periodisasi mulai dari tahun 1945 hingga beberapa peristiwa abad ke-21.

Beberapa bagian dalam buku menampilkan tentara Rusia yang menyelamatkan perdamaian pada tahun 2014, ketika tentara Moskow mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina.

Selain itu, beberapa hal dari buku pelajaran itu juga menampilkan bagaimana awal mula perang Rusia dan Ukraina. Putin sebagai Presiden Rusia ditampilkan seakan ingin mengakhiri perang yang dimulai oleh Barat.

Rusia dewasa ini mengawasi warganya secara ketat. Bahkan, termasuk dalam hal perbedaan pendapat terkait perang.

Masih menukil dari sumber yang sama, terkait perbedaan pendapat itu, Rusia telah melakukan tindakan keras. Pada bulan April 2023 lalu, seorang gadis di Rusia telah diambil dari orang tuanya karena membuat gambar pro-Ukraina di sekolahnya.

Sementara itu, seorang mantan guru sejarah di Rusia telah dihukum lima setengah tahun lantaran mengkritik secara daring invasi Rusia ke Ukraina.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Buku Pelajaran Sejarah Rusia Puji Invasi ke Ukraina […]