Bawa Poster Messi, Buruh Adidas Indonesia Tuntut Pelunasan Gaji

by | Jun 21, 2023

Adidas | Buruh | Lionel Messi | Olahraga | Sosial

FOMOMEDIA – Tak sekadar nonton sepak bola, buruh Adidas Indonesia membentangkan poster Messi ke dalam stadion untuk menuntun pelunasan gaji.

FIFA Matchday yang mempertemukan tuan rumah Indonesia dengan juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023) sukses menyita perhatian pencinta sepak bola Tanah Air.

Namun, di balik kemeriahan itu, terdapat buruh pabrik sepatu Adidas yang menyuarakan haknya sebagai pekerja. Mereka masuk stadion dengan membawa poster bergambar Lionel Messi yang berisi tuntutan pelunasan gaji.

Foto Messi dipilih karena, selain merupakan pemain Argentina terpopuler, dia juga telah menjadi brand ambassador Adidas sejak 2006. Bahkan, pemain berjuluk La Pulga itu kini punya kontrak seumur hidup dengan Adidas dengan nilai 1 miliar dolar.

Salah satu pekerja Adidas Indonesia yang membentangkan poster tersebut adalah Dewi Wulandari. Ia berkesempatan masuk ke dalam SUGBK dan menyaksikan langsung pertandingan.

“Dewi Wulandari @DewiQuarius26, salah satu pekerja Adidas Indonesia, berkesempatan masuk ke stadion untuk menyaksikan pertandingan Indonesia vs Argentina di dalam stadion. Dia membawa poster ‘Messi, bantu kami, bicara dengan Adidas untuk membayar gaji kami’,” tulis pengguna Twitter @emelia_yanti, Senin (19/6/2023)

Dewi merupakan salah satu buruh PT Panarub Industry yang memproduksi sepatu merek Adidas.

Dewi dan beberapa rekan kerjanya membawa poster dan spanduk tuntutan pembayaran gaji. Bahkan, aksi yang dilakukan oleh para pekerja perempuan tersebut sudah dilakukan sejak sore hari jelang pertandingan dimulai. 

Dewi dan kawan-kawannya telah mengalami pemotongan gaji sejak pandemi COVID-19. Para pekerja sepatu tersebut mengalami pemotongan dua kali gaji pada Juni-Juli serta Agustus-September 2020. Setelah pandemi usai, gaji yang dipotong itu pun belum dilunasi.

Para buruh menilai bahwa pertandingan Indonesia vs Argentina adalah momen yang tepat untuk menyampaikan aspirasi. Apalagi, Adidas juga menjadi salah satu sponsor kedatangan Argentina ke Indonesia.

“Kenapa kami tidak menuntut ke perusahaan namun ke Adidas? Karena Adidas merupakan merupakan pihak yang paling banyak menerima keuntungan dari keringat kami,” kata Emelia Yanti, dikutip dari suara.com.

Menurut Emelia, selain pemotongan gaji, sejak pandemi menyerang, Adidas melakukan PHK secara sepihak setelah para pekerja memenuhi kuota sepatu pemain sepak bola untuk Piala Dunia Qatar 2022.

“Qatar World Cup itu pembukaan ‘kan tanggal 20 November, tapi kawan-kawan kami di-PHK pada 18 November,” kata Emelia.

“Harapannya ingin Adidas dengarkan tuntutan buruh bayar upah yang dipotong saat COVID-19 kemarin. Kami juga berharap Bang Messi lihat aksi kami,” pungkas Emelia.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments