Batal Gelar Piala Dunia, Indonesia Bakal Jamu Juara Dunia

by | May 22, 2023

Argentina | Olahraga | Sepak Bola

FOMOMEDIA – Federasi Sepak Bola Argentina mengumumkan bahwa Timnas Argentina akan menghadapi Timnas Indonesia di Jakarta, 19 Juni 2023 mendatang.

Piala Dunia U-20 boleh saja batal digelar di Indonesia. Akan tetapi, 19 Juni 2023 mendatang, Timnas Indonesia dipastikan bakal bertanding menghadapi juara dunia Argentina dalam laga persahabatan.

Kabar itu disampaikan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan Timnas Argentina melalui akun media sosialnya masing-masing, Senin (22/5/2023) pagi WIB.

“Tur Asia 2023. Laga persahatan yang sudah terkonfimasi. 15 Juni menghadapi Australia di Beijing. 19 Juni menghadapi Indonesia di Jakarta,” tulis akun Twitter resmi Timnas Argentina.

Lalu, mengapa PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia belum berani mengumumkan secara resmi? Nah, menurut anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga kepada CNN Indonesia, hingga kini belum ada perjanjian hitam di atas putih antara PSSI dan AFA.

“Kalau belum hitam di atas putih kita tidak bisa jamin,” jelas Arya.

Pertandingan Indonesia vs Argentina ini kemungkinan besar akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Adapun, Argentina bukan satu-satunya negara yang bakal dihadapi anak-anak asuh Shin Tae-yong. Pada 14 Juni 2023, “Garuda” dijadwalkan bakal menjamu Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Argentina sendiri merupakan negara yang menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Turnamen tersebut sudah mulai berlangsung sejak Minggu (21/5) WIB.

Indonesia mestinya jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun ini. Namun, karena kuatnya protes atas kehadiran Timnas Israel, terutama dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster, turnamen ini pun urung digelar di Tanah Air.

Batalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia sempat menjadi pukulan telak bagi para penggemar sepak bola negeri ini. Namun, belum lama ini, Timnas U-22 sukses meraih medali emas di SEA Games Kamboja yang merupakan medali emas pertama Indonesia di cabang sepak bola setelah 32 tahun.

Keberhasilan Timnas U-22 itu pun disambut meriah para penggemar sepak bola yang ikut mengarak para pemain di jalanan Jakarta, Jumat (19/5) lalu. Jika Timnas Indonesia nantinya benar-benar menjamu Timnas Argentina di Jakarta, bisa dipastikan mood persepakbolaan Indonesia bakal semakin membaik.

Apalagi, sebagai negara yang prestasi sepak bolanya jauh dari kata memuaskan, kehadiran pemain-pemain kelas dunia adalah sesuatu yang dinanti. Terakhir kali Indonesia berhadapan dengan tim papan atas dunia adalah saat menjamu Belanda di SUGBK pada 2013. Sebelum itu, Timnas Uruguay juga sempat mampir pada 2010. Dalam dua laga itu, tim “Merah-Putih” menelan kekalahan 0-3 dan 1-7.

Pertanyaannya kini, jika nanti laga persahabatan itu jadi digelar, apakah Argentina bakal membawa bintang-bintang seperti Lionel Messi, Paulo Dybala, dan Angel Di Maria? Kalau iya, mampukah Marselino Ferdinand dkk. memberi perlawanan yang terhormat? Kita tunggu.

Penulis: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] jersei Timnas Indonesia beberapa hari terakhir jadi perbincangan hangat di lini media sosial. Produsen jersei Timnas […]

[…] Harwood acap dikritik oleh para penggemar gulat karena dianggap terlalu sering menjelek-jelekkan rival FTR, The Young Bucks. Ganjar, sementara itu, diserang publik akibat pernyataannya tentang film porno dan penolakannya terhadap kedatangan Israel di Piala Dunia U-20 yang berujung pada dibatalkannya penyelenggaraan turnamen di Indonesia. […]