Awas Hoaks! Warga Wadas Bantah Dukung Prabowo-Gibran

by | Dec 7, 2023

Pilpres 2024 | Politik | Prabowo-Gibran | Wadas

FOMOMEDIA – Sempat dikabarkan beramai-ramai dukung pasangan Prabowo-Gibran, warga Wadas ungkapkan bantahan.

Sehari setelah beredar kabar bahwa Pejuang Wadas mendukung Pasangan Calon Nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (GEMPADEWA) lekas membuat klarifikasi.

Melalui akun resmi di media sosial X, mereka membantah kabar yang sampai tersiar lewat berbagai media massa itu. Pada kicuan klarifikasi itu, @Wadas_Melawan menulis “Pejuang Wadas TIDAK Dukung Capres manapun”

“Isu yang disebarkan dalam berita tersebut adalah hoaks dan tidak ada kaitannya dengan warga Wadas yang konsisten menolak tambang batu andesit di Wadas,” tulis @Wadas_Melawan di X pada Kamis (7/12).

Cuitan tersebut dilanjut dengan satu kicauan lagi, “Warga Wadas yang hari ini tetap konsisten sangat merasa dirugikan atas berita tersebut.”

”Karena kami juga tidak pernah mendeklarasikan dukungan pada capres manapun, sehingga tidak pernah pula menyampaikan ke publik atau ke siapa pun atas deklarasi tersebut,” tutup mereka.

Klaim Dukungan Dari Pejuang Wadas yang Mana?

Sebelumnya, sejumlah media online nasional mengabarkan bahwa pada hari Selasa (5/12) ratusan pejuang Wadas di Jawa Tengah telah menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Akun resmi Partai Gerindra di media sosial X membagikan berita DetikNews tentang pernyataan dukungan tersebut. Gambar utama berita itu memperlihatkan barisan warga yang semuanya mengenakan baju biru khas Paslon Nomor 2. Barisan terdepan membawa spanduk bertuliskan “Deklarasi Pejuang Wadas Jawa Tengah Dukung Prabowo Gibran”.

Gambar yang sama juga digunakan oleh banyak media online lain yang juga memberitakan dukungan tersebut. Seperti Kompas.com, CNN Indonesia, Republika, serta banyak media lain.

Selain gambar, berita-berita serupa juga mengutip narasumber yang sama. Yakni, seorang bernama Sumarno yang disebut sebagai “Koordinator Pejuang Wadas”.

“Warga Wadas bersama masyarakat Jawa Tengah siap bersinergi untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 secara santun dan mengutamakan persatuan,” kata Sumarno, dikutip DetikNews (6/12).

Tak Seperti Warga 

Masih menjadi pertanyaan, siapa sosok Sumarno yang menjadi narasumber dalam berbagai berita itu? Serta, Pejuang Wadas mana yang ia koordinasi untuk beramai-ramai memberikan pernyataan dukungan terhadap pasangan Prabowo Gibran?

GEMPADEWA, sebagai salah satu representatif warga Wadas yang berjuang mempertahankan tanah mereka dari perampasan, terbilang vokal menentang berbagai program pembangunan. 

Melalui akun @Wadas_Melawan, mereka kerap mengkritik kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Presiden Joko Widodo yang cenderung mendahulukan proyek dan kurang berpihak pada rakyat serta mengesampingkan dampak kerusakan alam.

Dengan rekam jejak itu, sungguh ganjil ketika seorang Koordinator Pejuang Wadas menyatakan dukungan untuk Prabowo-Gibran. Dikutip DetikNews, “Sumarno” berujar, “Prabowo-Gibran dapat melanjutkan program-program pro-rakyat yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo, termasuk upaya industrialisasi dan hilirisasi.”

Sejak media sosial memegang peranan penting dalam pesta demokrasi, hoaks menjadi bagian tak terpisahkan dari kampanye. Kini, dengan berkembangnya teknologi AI yang memungkinkan manipulasi foto bisa dilakukan dengan mudahnya, kita mesti lebih cermat menyaring informasi.

Belum ada kejelasan, apakah foto “Dukungan Pejuang Wadas” yang beredar merupakan hasil rekayasa AI atau peristiwa sungguhan yang mengatasnamakan para pejuang Wadas.

Bagaimanapun, momen ini mesti menjadi peringatan bagi siapa pun, terutama bagi media massa, untuk lebih cermat memverikasi informasi sebelum membagikannya.

Penulis: Ageng

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments