Argumen AI Picu Penonton Tinggalkan Festival Film Sundance 2024

by | Jan 25, 2024

Film | Internasional | Kecerdasan Buatan | Teknologi

FOMOMEDIAPerdebatan tentang AI di Festival Film Sundance 2024 memicu penonton keluar dari festival. Masalah penggunaan AI pada film masih jadi sesuatu yang masih sensitif.

Festival Film Sundance 2024 diwarnai dengan aksi tidak mengenakkan. Para penonton kompak keluar ruangan di acara yang digelar pada 19-28 Januari 2024.

Para penonton memilih keluar lantaran dipicu perdebatan sengit yang melibatkan kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence). Gara-gara masalah perdebatan ini, beberapa penonton pun tidak suka.

Penonton yang keluar itu terjadi ketika pemutaran film Being (The Digital Griot), Selasa (23/1/2024). Di dalam acara pemutaran itu, menurut laporan NME, para penonton terdorong untuk mendiskusikan berbagai masalah dengan bot AI, termasuk masalah patriarki dan rasisme.

Sementara itu, terkait dengan film itu, penonton mengaitkannya dengan konteks “griot” di Afrika Barat. Di negara tersebut, griot dipahami sebagai seorang pendongeng, gudang pengetahuan, peramal kebenaran, hingga sosok yang paham sejarah.

Namun, sosok griot ini dihadirkan dalam sebuah teknologi AI. Gara-gara hal itulah perdebatan mengenai AI di Festival Film Sundance 2024 cukup panas.

“Saya di sini bukan untuk dikutuk dan saya juga tidak ingin anak AI saya dikutuk,” kata Rashaad Newsome selaku pembuat film Being (The Digital Griot), dikutip dari NME.

Setelah filmnya diputar, Newsome dikabarkan menolak untuk hadir dalam sesi tanya jawab. Gara-gara hal itu, para penonton semakin muak.

BACA JUGA:

Penonton Dikeluarkan

Para penonton yang hadir di Festival Film Sundance 2024 sebetulnya menanti sesi tanya jawab bersama pembuat film. Namun, mereka kecewa lantaran Newsome menolak adanya sesi itu.

Insiden penonton yang kecewa itu pun membuat panitia bertindak. Akhirnya. para penonton pun dikeluarkan secara paksa dari auditorium tempat pemutaran film.

Sementara, para penonton yang hadir di tempat itu justru terlibat solidaritas. Satu sama lainnya secara kompak, sekitar seperempat jumlah yang hadir, meninggalkan acara itu.

AI dan dunia perfilman memang jadi salah satu isu yang sensitif. Apalagi, belum lama ini AI telah membuat industri Hollywood kelimpungan.

Pemogokan serikat aktor dan penulis di Hollywood muncul gara-gara penggunaan AI oleh pihak studio. Keberadaan AI pun dianggap semakin menggeser peran manusia, termasuk di dunia perfilman.

Sementara itu, selain Being (The Digital Griot), perbincangan mengenai AI juga terlihat dalam karya lain. Festival yang digelar di negara bagian Utah ini juga menampilkan film-film yang menggunakan bantuan AI.

Seperti halnya film bertajuk Eternal You yang disutradarai oleh Hans Block dan Love Machina yang disutradarai Peter Sillen. Dua film itu juga berfokus pada kemampuan menggunakan AI untuk berkomunikasi dengan orang yang dicintai setelah kematian. 

Selain film itu, ada juga Love Me yang dibintangi Kristen Stewart. Film tersebut juga turut melibatkan penggunaan AI dalam percakapan.

Dengan demikian, semakin ke sini, penggunaan AI pada sebuah film memang menjadi sebuah hal yang kian populer. Namun, tak sedikit dari khalayak yang mempertanyakan penggunaan teknologi kiwari itu.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Jagat

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Penayangan dokumenter berdurasi dua jam itu terpaksa dihentikan karena gambarnya bermasalah. Gambar dari durasi yang berbeda saling tumpuk. Adegan yang berlangsung tumpang tindih dengan adegan yang mestinya muncul nanti. […]

WesterTimes

Thanks I have recently been looking for info about this subject for a while and yours is the greatest I have discovered so far However what in regards to the bottom line Are you certain in regards to the supply

dry3ducks

I’m grateful. I have been looking for information on this subject for a time, and this is the best resource I have discovered thus far. What about the bottom line, though? Do you know for sure what the supply is?