Anjing Tertua di Dunia Telah Mati pada Usia 31 Tahun

by | Oct 24, 2023

Anjing | Hewan | Rekor Dunia

FOMOMEDIA – Usia mencapai 31 tahun menjadikan Bobi sebagai anjing tertua di dunia. Usia tersebut jarang berhasil diraih oleh hewan itu.

Bobi, anjing tertua di dunia, telah mati pada usia 31 tahun 165 hari, Sabtu (21/10/2023) lalu. Ia berhasil mencatatkan rekor sebagai anjing tertua oleh Guinness World Record.

Bobi mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Portugal. Ia merupakan anjing yang berasal dari ras murni Rafeiro do Alentejo.

Kematian Bobi pun diumumkan oleh Karen Becker, seorang dokter hewan di Portugal yang sering merawat Bobi.

“Meskipun hidup lebih lama dari semua anjing dalam sejarah, 11.478 hari hidupnya di bumi tidak akan pernah cukup bagi mereka yang mencintainya,” kata Becker, dikutip dari BBC.

Anjing tersebut memang dianggap unik. Bobi berhasil mencatatkan rekor dunia pada Februari 2023 sebagai anjing tertua. 

Menurut laporan BBC, rekor anjing tertua sebelumnya sempat dipegang Bluey Australia. Hewan tersebut mati di usia 29 tahun lima bulan pada 1939 silam.

Lingkungan Damai

Panjangnya usia Bobi bukan tanpa sebab. Selain karena faktor nutrisi, lingkungan yang damai juga memengaruhi kehidupan Bobi.

Diketahui bahwa Bobi merupakan anjing milik keluarga Costa. Bersama keluarga itu, Bobi hidup damai di desa Conqueiros, dekat pantai barat Portugal.

Leonel Costa adalah sosok yang merawat Bobi. Ketika berusia delapan tahun, Costa berhasil mempertahankan Bobi di rumahnya. Waktu itu, orang tua Costa terlalu banyak memiliki hewan, hingga hewan-hewan itu pun sampai dibuang.

Namun, Costa berhasil menyelamatkan Bobi. Ia dan saudara-saudaranya merahasiakan keberadaan Bobi di rumahnya. Orang tua Costa pun tak tahu bahwa ada anjing itu. Hingga akhirnya, orang tua Costa mengetahui dan membiarkan anaknya memiliki Bobi.

Bobi layaknya anjing-anjing lainnya. Ia juga pernah sakit. Namun, salah satu yang membuatnya berhasil bertahan hingga tiga dekade yakni lingkungan yang tenang dan damai. 

“Apa yang kami makan, mereka juga makan,” kata Costa, dikutip dari The Guardian.

Kini, nama Bobi akan tetap terukir dalam rekor dunia. Kita tidak tahu apakah rekor tersebut akan bisa terpatahkan.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments