Anies Bubble, Cara Kampanye Gaet Anak Muda

by | Jan 2, 2024

Anies Baswedan | Kampanye | Pilpres 2024 | Politik

FOMOMEDIAAnies Bubble menampilkan Anies Baswedan seperti layaknya idola K-popers. Strategi macam itu dianggap bisa dekat dengan anak muda.

Akun X bernama @aniesbubble atau Anies Bubble menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Akun yang menginformasikan berbagai aktivitas calon presiden nomor urut 1 itu memang menarik perhatian, terutama bagi kawula muda.

Tidak seperti akun X para politisi pada biasanya, Anies Bubble dikemas dengan gaya penggemar K-pop. Setiap unggahan akun tersebut selalu menggunakan caption aksara Hangeul. Hal inilah yang membuat semakin terlihat ala anak muda K-popers.

Adapun Anies Bubble sendiri mulai aktif terhitung sejak 29 Desember 2023 lalu. Akun itu mengunggah potongan video Anies Baswedan yang tengah melakukan siaran langsung di pelantar TikTok.

“Jangan bicara tentang orang lain. Aku di sini sekarang,” tulis Anies Bubble dengan aksara Hangeul.

Sejak pertama kali mengunggah video itu, akun Anies Bubble langsung menjadi trending topic. Puluhan ribu like dari setiap konten yang disuguhkan menjadi pertanda bahwa Anies Bubble secara organik mampu menggaet massa di pelantar X.

Tiap konten live di TikTok dan Desak Anies disajikan dalam beberapa unggahan Anies Bubble. Secara berkala akun tersebut juga memberi tahu warganet jika capres dari Koalisi Perubahan ini sedang melakukan siaran langsung.

Per Selasa (2/1/2024) hari ini, dengan total 24 unggahan, Anies Bubble telah mendapatkan 92 ribu pengikut. Tak menutup kemungkinan jumlah itu bakalan terus bertambah seiring dengan konten apik yang ditampilkan.

BACA JUGA:

Apa Itu Bubble?

Bagi para K-popers, nama “Bubble” memang sudah tidak asing lagi. Bubble sendiri merupakan sebuah wadah atau pelantar yang digunakan untuk memberikan suguhan konten dari sang idola K-pop.

Bubble sendiri jadi salah satu pelantar penyedia jasa mengirimkan pesan langsung ke sang artis idola. Meski harus mengeluarkan kocek tertentu, tak sedikit para K-popers yang tetap menggunakan Bubble.

Menurut laporan Mashable, Bubble diciptakan oleh SM Entertainment sebagai cara artis mereka terhubung dengan penggemar. Mereka yang telah membayar untuk aplikasi itu bakal mendapatkan akses ke Bubble artis dan melihat konten eksklusif.

Adapun SM Entertainment sendiri menciptakan aplikasi tersebut dengan nama Lysn. Selain itu, masih di bawah perusahaan yang sama, JYP Entertainment, juga membuat aplikasi khusus artis yang diberi nama JYP Bubble.

“Setelah membayar untuk berlangganan artis, Anda dapat melihat dan mengunduh foto, video, dan catatan audionya. Anda juga dapat mengirim pesan ke artis tersebut, tetapi dibatasi hingga tiga pesan sekaligus dan jumlah karakter sesuai dengan berapa lama Anda menggunakan aplikasi: 30 karakter untuk 49 hari pertama, 50 karakter setelahnya, dan seterusnya,” tulis laporan Mashable.

Respons Anies

Tak sedikit yang mengira Anies Bubble dibuat oleh Timnas AMIN, tetapi akun itu diketahui diiniasasi oleh K-Popers.

Mengetahui bahwa dirinya dibuatkan akun khusus untuk para kawula muda K-popers, Anies menyampaikan rasa terima kasih. Ia pun akan melakukan kampanye dengan cara berdialog.

“Terima kasih [untuk pendukung yang membuat akun Anies Bubble]. Pokoknya saya akan memilih untuk terus berdialog dalam kampanye ini,” kata Anies, dikutip dari Kumparan.

Anies Bubble langsung mendapatkan perhatian dari Anies. Cara berkampanye di media sosial semacam ini unik dan disukai anak muda.

Anies sendiri satu minggu terakhir sering melakukan siaran langsung di TikTok di sela-sela kampanyenya di berbagai daerah. Hal itu ia lakukan setelah mendapat respons yang baik dari pengguna TikTok. Diketahui Anies melakukan live TikTok perdana pada Kamis (28/12/23).

Sementara itu, cara siaran langsung di pelantar TikTok memang dinilai efektif. Langkah itu pun diikuti oleh calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD. Meski tak sepopuler Anies, langkah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia itu perlu diapresiasi.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] @olpproject (Olppaemi Project) mengabarkan kabar buruk itu. Akun komunitas yang diinisiasi oleh Anies Bubble untuk penggalangan dana mendukung capres nomor urut 01 itu secara organik menarik simpatisan banyak […]

[…] Anies menjadi bintang baru di media sosial. Setelah Anies muncul di live TikTok, hadirlah sebuah fandom ala K-pop bernama Anies Bubble. Persona Anies yang cerdas dan kebapakan mampu mencuri hati banyak anak muda […]

[…] akun @aniesbubble, Anies digambarkan layaknya seorang idola Korea. Akun tersebut kerap mengunggah ulang potongan live […]