Ada Yel-yel “Solo Bukan Gibran”, Gibran: Ya Nggak Papa

by | Dec 28, 2023

Gibran Rakabuming Raka | Pilpres 2024 | Politik

FOMOMEDIA Yel-yel “Solo Bukan Gibran” berkumandang di apel Satgas PDIP bersama Ganjar Pranowo. Hal tersebut ditanggapi Gibran dengan santai.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapat perlawanan dari warga kota yang sedang ia pimpin. Perlawanan tersebut muncul dengan yel-yel “Solo Bukan Gibran”.

Yel-yel itu lantang diucapkan oleh Satgas PDIP seusai apel bersama Ganjar Pranowo, di Taman Sunan Jogo Kali, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Minggu (24/12)

Yel-yel “Solo Bukan Gibran” beredar di media sosial lewat rekaman video. Kerumunan Satgas PDIP berpakaian merah terekam meneriakkan yel-yel “Solo Bukan Gibran” di acara apel Satgas PDIP dalam pemenganan Pemilu 2024.

Ganjar yang hadir bersama ribuan kader PDIP itu enggan menanggapi yel-yel “Solo Bukan Gibran” saat langsung ditanyai di lokasi.

Kuwi takonono kae wae, ra mudeng aku (Itu tanya sana saja, saya tidak paham),” kata Ganjar.

Saat ditemui di Balai Kota Solo, Gibran mengaku tidak tahu menahu tentang yel-yel tersebut.

“Ya nggak mudeng,” kata Gibran, pada Rabu, 27 Desember 2023.

Saat ditanyai kembali, Gibran itu tampak tidak mempersoalkan hal tersebut. “(Yel-yel Solo Bukan Gibran?) Ya nggak papa,” jawabnya, dilansir detikJateng, Rabu (27/12/2023).

Pun ketika ditanya apa dirinya masih yakin akan menang di Solo, Gibram menjawab irit. “Ya, optimis saja. Ditunggu saja,” ujarnya, sambil berjalan masuk ke dalam ruang kerjanya di Balai Kota Solo.

Di Jawa Tengah, elektabilitas tertinggi masih memang dimiliki Ganjar. Namun, Gibran sudah menyatakan, mulai Januari 2024 hingga akhir masa kampanye, dirinya akan fokus menggaet suara masyarakat di provinsi yang dijuluki “Kandang Banteng” ini.

Prabowo Minta Berdemokrasi dengan Sejuk

Sebelum Gibran dimintai tanggapan, Prabowo Subianto sudah lebih dulu buka suara soal yel-yel “Solo Bukan Gibran”. Komentar Prabowo disampaikannya pada Selasa (26/12), seusai menghadiri acara silaturahmi dengan ulama dan tokoh masyarakat Aceh, di Banda Aceh.

“Sudahlah, sudahlah. Mari kita hadapi demokrasi ini dengan baik dan sejuk,” imbau Capres nomor urut 2 itu.

Prabowo berharap proses demokrasi dalam kontestasi politik dilakukan dengan baik-baik dan santai antar-paslon dan pendukung.

“Tenang-tenang saja, baik-baik saja semua, ya,” kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Saat berkontestasi sebagai oposisi pada Pemilu 2019 lalu, gaya kampanye Prabowo terasa jauh dari kata “sejuk”. Namun, pada posisinya saat ini sebagai calon yang “melanjutkan” Jokowi dan memiliki kampanye paling besar, Prabowo agaknya ingin berkampanye dengan santai, seperti menonjolkan diri lewat gimik “gemoy”.

Sebelum Yel-Yel, Pernah Ada Spanduk

Sebelum yel-yel, “Solo Bukan Gibran” sempat muncul dalam sebuah spanduk. Spanduk tersebut terpasang di kawasan Jalan Setia Budi, Gilingan, Solo.

Tidak diketahui siapa yang memasang spanduk itu. Tidak diketahui juga apakah ada spanduk serupa di tempat lain. Bawaslu Solo telah telah menurunkan spanduk tersebut dalam penertiban alat peraga

Penulis: Ageng

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments