5 Peristiwa yang Bikin Heboh Indonesia di Tahun 2022

by | Dec 29, 2022

5 Peristiwa yang Bikin Heboh Indonesia di Tahun 2022

FOMOMEDIA – Tahun 2022 jadi penuh warna dengan berbagai peristiwa yang bikin heboh dan tak terlupakan. Ada yang positif, namun ada juga yang negatif. Berikut kami rangkum lima peristiwa yang bikin heboh Indonesia di tahun 2022.

Tahun 2022, masyarakat mulai beraktivitas normal seperti pergi ke pasar, sekolah, tempat ibadah, dan beberapa acara besar lainnya, yang sebelumnya dibatasi karena pandemi COVID-19. 

Di beberapa wilayah, konser musik mulai marak—walau ada juga yang sempat dibatalkan karena pertimbangan keamanan. Begitu juga dengan dunia olahraga, orang-orang sudah bisa mendatangi stadion. 

Di tahun ini, mata publik Indonesia terarahkan ke beberapa peristiwa. Dari peristiwa yang dibuat pemerintah sampai kejadian yang insidental. Ada peristiwa yang membanggakan Indonesia, ada pula yang memalukan. Itu semua terangkum di tahun 2022. 

Banyak peristiwa yang muncul di permukaan, tapi karena terbatasnya ruang, kami hanya hadirkan lima yang benar-benar fenomenal.

Baca juga: 5 album musik terbaik Indonesia di tahun 2022

Citayam Fashion Week: Dari Tempat Nongkrong ke Fesyen

Peristiwa heboh Indonesia di tahun 2022
Sumber: Instagram @mallkuningancity

Kehebohan ini bermula dari pembuat konten yang mewawancarai sepasang remaja di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pada medio 2022. Mungkin nama Jeje dan Roy yang teringat di kepala kita. Dari Jejelah keluar kata yang ikonik, “slebew”. 

Konten tersebut memantik canda tawa netizen, tapi tidak sedikit yang menolaknya. Sehingga, muncul kontroversi di media sosial. Jelas Twitter yang menjadi gelanggang pertengkaran itu. Yang kontra beralasan, bila konten demikian dinormalisasikan, mindset penonton yang seumuran dengan Jeje dan Roy bakal terdampak. Sementara, yang pro memaklumi saja tingkah polah mereka karena, ya, namanya juga anak muda.

Di tengah ramainya perbincangan soal Jeje dan Roy, video lain yang serupa terus bermunculan. Di TikTok ramai, algoritma Instagram merekomendasikan mereka, dan di Twitter keributan terus berlanjut. Titik koordinatnya masih sama, yakni di kawasan Dukuh Atas. 

Konten selanjutnya tidak hanya tentang Jeje dan Roy. Nama lain pun bermunculan, seperti Bonge, Kurma, Alpin, dan beberapa nama lainnya. Para remaja ini bukan berasal dari Jakarta, tapi dari Citayam, Bojonggede, Depok, dan beberapa wilayah penyangga Jakarta lainnya. 

Mengapa mereka nongkrong di pusat jantung Jakarta? Ini tidak lepas dari transportasi umum yang terintegrasi dengan kawasan Dukuh Atas. Mereka lebih mudah dan murah mendatangi Dukuh Atas ketimbang ke titik keramaian di kota mereka masing-masing. 

Selain jawaban mereka yang tampak natural dan nyeblak, netizen memperhatikan outfit yang mereka pakai. Sederhana dan biasa, tapi kelihatan keren. Dari sudut pandang inilah, Citayam Fashion Week dimulai. Dari keriuhan ini, satu penting yang perlu diingat oleh kita, tampil modis tak perlu mahal.

Brigadir Joshua: Tewas di Tangan Sang Komandan

Ferdy Sambo
Sumber: voi.id

Seandainya netizen tidak cerewet mempertanyakan keganjilan kematian Brigadir Joshua, bisa saja kasusnya akan senyap lenyap. Sebab, di awal kejadian, Polri sempat membantah bahwa tidak ada penembakan yang menewaskan Joshua pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Namun, netizen punya banyak mata untuk menyelisik keganjilan tersebut. Publik sudah terlibat sehingga mendesak Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo,  untuk memeriksa apa yang terjadi sebenarnya. Selain itu, media juga gesit memberitakan kematian Joshua. 

Akhirnya, Bharada Richard Eliezer membuat “pengakuan jujur” yang menyeret atasan mereka, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Selain itu, ada dua nama lainnya, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf.

Dari awal penembakan Joshua tersibak, motif pembunuhannya dipertanyakan publik. Mulanya, ada yang menebak Joshua dibunuh karena mengetahui rahasia Sambo. Namun, belakangan, menurut keterangan Sambo dan para tersangka lain, motif yang mencuat ke permukaan adalah karena Joshua melakukan pelecehan terhadap Putri Chandrawati, istri Sambo. 

Sambo mengaku emosi karena Joshua melukai harkat martabat keluarganya. Namun, apa benar Brigadir Joshua memang berbuat  seperti itu kepada istri atasannya? Persidangan sampai sekarang sedang berjalan. Mari kita  tunggu keputusan hakim.

BBM Naik Tinggi, Apa Susu Masih Tak Terbeli?

Sumber: Liputan6.com

Setiap mendengar kabar pemerintah akan menaikkan harga BBM, mungkin kita langsung mengingat lirik lagu “Galang Rambu Anarki” (1975) karya Iwan Fals. BBM naik tinggi / susu tak terbeli / orang pintar tarik subsidi / mungkin bayi kurang gizi.

Pada 3 September 2022, pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Namun, pemerintah tidak berkata  “menaikkan”, melainkan  “menyesuaikan”. Keputusan itu disampaikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. 

Apa saja yang naik? BBM Pertalite yang sebelumnya seharga Rp7.650,- per liter, kini menjadi Rp10.000,-. Naik Rp2.350,-. Sementara, solar subsidi kini harganya Rp6.800 per liter, naik Rp1.650 dari harga sebelumnya, Rp5.150,-.

Tidak saja yang bersubsidi, BBM nonsubsidi pun dinaikkan. Misal, harga Pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500—walau beberapa minggu kemudian, harganya diturunkan lagi. 

Kenaikan BBM ini tak pelak menyulut  penolakan. Berbagai kalangan, dari mahasiswa hingga buruh, melakukan aksi demonstrasi di berbagai wilayah. Penolakan ini dilakukan dengan dasar bahwa Indonesia belum selesai dengan pagebluk. Dan juga kenaikan BBM akan berpengaruh terhadap harga sembako. BBM naik, sembako naik, sementara warga masih susah. 

Kalau kita membuka kembali halaman buku pemerintah Joko Widodo sejak 2014, terlihat berapa kali Joko Widodo menaikkan harga BBM bersubsidi. Sesuai jejak digital yang ada, di era Jokowi, BBM bersubsidi naik kurang lebih enam kali. Dan alasannya untuk menaikkannya adalah subsidinya tidak tepat sasaran.

Tragedi Kanjuruhan: Gas Air Mata Membawa Petaka

SUmber: Yudha Prabowo/AP/picture alliance

Keributan netizen setiap akhir September tentang hantu PKI langsung redup karena tragedi sepak bola yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. 

Saat itu pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya baru saja selesai. Arema mengalami kekalahan dengan skor 2-3. Kekalahan itu membuat para Aremania  turun dari tribune lalu menuju ke lapangan. Mereka ingin mendatangi dan menyemangati para pemain Arema yang tampak lesu karena kalah dari rival bebuyutannya. 

Ternyata, niat baik Aremania  itu ditanggapi berbeda oleh pihak kepolisian yang sedang berjaga-jaga di dalam stadion. Polisi menghalau Aremania  dengan tembakan gas air mata. Bahkan, tidak saja Aremania  yang turun ke lapangan, tapi juga mereka yang masih berada di tribune.

Dari tembakan gas air mata itu, kurang lebih 132 orang tewas, 96 orang luka berat, dan 484 orang luka ringan/sedang. Tragedi ini menjadi sorotan dunia karena merupakan bencana sepak bola terburuk kedua sepanjang sejarah.

G20/B20: Untuk Dunia, Kami Siap

Sumber: Antara Foto

Indonesia menyatakan siap mengemban amanat Presidensi G20 tahun 2022 setelah serah terima dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi kepada Presiden RI Joko Widodo dilakukan pada 31 Oktober 2021. 

Indonesia langsung bergegas menyiapkan infrastruktur untuk perhelatan selama setahun, yang mana Presidensi G20 Indonesia ini mengambil tema besar “Recover Together, Recover Stronger“. Hal tersebut merupakan respons atas peristiwa dunia yang sedang atau telah terjadi, yakni pandemi COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina. 

Sepanjang tahun 2022, pemimpin dari berbagai dunia diundang untuk mengikuti berbagai Forum Dialog G20, yang menjadi rangka bagian G20. Seperti Religious20 (R20) pimpinan Yahya Cholil Staquf,  Urban20 (U20) yang diwakili oleh Anies Baswedan dan Ridwan Kamil,  Youth20 (Y20) yang didegelasikan kepada empat anak muda: Marshiella Pandji, Marcel Satria, Nashin Mahtani, dan M. Abdullah Syukri.

Selain itu, ada juga Business20 (B20) yang dipimpin oleh Arsjad Rasjid,  Parliamentary20 (P20) yang diketuai Puan Maharani, Labour20 (L20) yang diketuai Elly Rosita Silaban, serta Think20 (T20) yang dipimpin oleh dua orang: Bambang P.S. Brodjonegoro dan Djisman Simandjuntak. 

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 adalah forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara dan Uni Eropa. Puncak KTT G20 Indonesia jatuh pada 15—16 November 2022 di Denpasar, Bali. 

Di puncak tersebut, boleh kita berbangga sebab Indonesia sukses menyelenggarakan perhelatan besar yang mendatangkan banyak pemimpin dunia. Semua mata tertuju kepada Indonesia dan nama negeri ini pun jadi buah bibir.

Akan tetapi, bukan itu saja manfaat yang diterima oleh Indonesia. Dari KTT tersebut, Indonesia sukses mendatangkan investor-investor yang krusial perannya bagi masa depan negeri. Contoh terbaiknya, sejumlah negara maju telah berkomitmen berinvestasi senilai $20 miliar untuk mendukung transisi energi Indonesia.

Penulis: Safar

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments