Selamat Hari Star Wars, May the Fourth Be with You

by | May 4, 2023

Budaya | Budaya Populer | Star Wars

FOMOMEDIA – Mengapa 4 Mei diperingati sebagai Hari Star Wars? Begini ceritanya.

Bagi penggemar Star Wars, 4 Mei sudah seperti hari raya. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada catatan sejarah yang bisa mengaitkan tanggal tersebut dengan Star Wars. Lantas, bagaimana 4 Mei bisa menjadi Hari Star Wars?

Semua berasal dari frasa yang kerap disebut dalam waralaba Star Wars, “May the Force be with You”. Di Star Wars, The Force merupakan kekuatan yang menggerakkan alam semesta dan ucapan “May the Force be with you” pada dasarnya adalah ucapan “semoga beruntung”.

Frasa “May the force be with you” di dalam film Star Wars pertama kali terdengar dalam Star Wars: A New Hope (1977). Kemudian, frasa tersebut pernah pula diucapkan oleh Qui-Gon Jinn kepada Anakin Skywalker dalam Star Wars: The Phantom Menace (1999). Qui-Gon Jinn pernah mengatakan itu sebelum Boonta Eve Classic dimulai.

Adapun, dalam dunia nyata, frasa tersebut muncul pada 4 Mei 1979, ketika surat kabar London Evening News memuat iklan dengan tulisan “May The Fourth Be With You, Maggie. Congratulations”.

Konteks dari tulisan di dalam surat kabar itu adalah ucapan kepada Margaret Thatcher. USA Today menyebut, 4 Mei 1979 merupakan hari pertama Thatcher menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris.

Ucapan selamat untuk Margaret Thatcher.

Namun, kalimat “May the force be with you” itu mengalami perubahan. Kata “force” mengalami plesetan menjadi “fourth” (ke-4 dalam bahasa Indonesia). Kalimat yang diplesetkan itu pun akhirnya semakin populer 20 tahun kemudian.

Tepat awal tahun 2000-an, Star Wars semakin dikenal luas. Kalimat May the fourth be with you semakin digaung-gaungkan. Hingga dewasa ini, tiap 4 Mei tiba, kalimat tersebut selalu dirayakan sebagai hari dari perayaan terhadap Star Wars.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1977, Star Wars menjelma jadi raksasa budaya populer. Sampai sekarang, Star Wars telah merilis 12 serial film. Selain itu, ada pula serial televisi, serial web, animasi, sampai mainan bertema Star Wars yang sudah dilepas ke pasaran.

Suka tidak suka, Star Wars adalah bagian tak terpisahkan dari budaya populer modern. Maka, hari ini, izinkan kami berkata, “May the Fourth and the Force be with you.”

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] memperkaya jagat Star Wars dengan tiga musim serial, Mandalorian akan hadir di bioskop. Produksi film berjudul The Mandalorian […]